Beranda » Blog » Tips Perawatan Setelah Mobil di Coating

Tips Perawatan Setelah Mobil di Coating

  • by
Coating Mobil Cat Mobil

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PERAWATAN MOBIL SETELAH DI COATING

Pernah ngga kalian bertanya tanya, atau masih ada beberapa orang yang masih agak bingung, bagaimana perawatan kendaraan setelah di Coating, apakah setelah kendaraan di coating hanya perlu di bilas dengan air saja atau ada perawatan lainnya? 

Perlu diketahui, bahwa coating terbuat dari bahan Nano Ceramic dan bermanfaat sebagai perlindungan pada lapisan, cat dan warna mobil agar tetap aman terlindungi, manfaat lainnya adalah mobil yang sudah di coating dapat menjadi investasi karena ketika mobil akan dijual kembali, harga tidak terlalu turun jauh. 

Cat mobil yang sudah dicoating akan memiliki sifat water repellent dan sehingga membuat air tidak mudah mengendap di pori-pori cat, sehingga menciptakan efek Hydrophobic atau kondisi dimana air seperti berada di atas daun talas. Hal ini akan lebih memudahkan saat mobil dicuci, karena akan lebih cepat kering saat di lap.  

Sobat Scuto perlu ketahui, jangan pernah beranggapan kalau pengaplikasian coating bisa sepenuhnya membuat mobil menjadi anti baret ya. Sebab, fungsi dasar coating lebih dikhususkan sebagai paint protection dan sebagai penghambat proses oksidasi yang terjadi akibat cuaca, getah pohon, kotoran hewan, kejatuhan ranting pohon, dan goresan halus, sehingga tidak  membuat warna menjadi pudar dan berjamur.

Dengan melakukan pencucian rutin, sudah lebih dari cukup untuk menjaga keawetan coating dan menjaga kilap body mobil, cara mencucinya pun cukup sederhana , hanya menyemprotkan air ke seluruh body mobil agar kotoran yang agak kasar seperti debu, tanah, dan kerikil halus tersingkir dan terbilas. Setelah itu, gunakanlah shampo mobil yang mempunyai Ph yang seimbang. Untuk kriteria dan jenis-jenis shampo, kamu bisa baca ini shampo mobil wash and wax.

Jangan pernah menggunakan sabun cuci piring, deterjen, atau sabun yang mempunyai Ph yang tinggi, karena dapat merusak dan mengikis lapisan body, sebaiknya gunakan kain lap microfiber, agar tidak membuat goresan pada body mobil karena sifat microfiber yang lembut dan mempunyai daya serap yang tinggi. Untuk perawatan secara berkala kamu bisa lakukan tiap 6 bulan sekali di bengkel atau outlet-outlet detailer terdekat dan terpercaya, salah satunya Scuto Indonesia yang sudah memiliki beberapa outlet yang sudah tersebar diseluruh Indonesia, kamu bisa pilih outlet yang dekat dengan tempat tinggal kamu. karena perawatan dari ahlinya, tentu akan membuat awet serta kembali kilap coatingnya.

Coating Mobil Cat Mobil

Pemakaian Wax?

Dan untuk wax. Pemberian wax pada permukaan cat mobil sesudah dilapisi coating tidak perlu berlebihan dan cukup 1 kali dalam 2 minggu atau sebulan sekali. Ada baiknya, sebelum diberi wax, sebaiknya permukaan cat mobil tersebut dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal. Jenis wax yang dipakai bisa berupa cairan yang di Spray atau berupa Gel, Cukup olesi dengan lapisan yang tipis kemudian keringkan dengan lap kering yang bersih dan lembut.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan atau pantangan :

  1. Mobil yang sudah dilapisi nano ceramic, sebaiknya jangan dicuci setidaknya sampai 3 hari atau 1 minggu.
  2. jika terkena air hujan cukup bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan kain lembut
  3. Ketika poles sendiri dirumah, Gunakan selalu produk yang tepat, jangan pakai compound atau produk yang abrasif, karena akan mengikis lapisan nano coating.
  4. Coating mampu bertahan sampai 3 tahun. Lakukan perawatan rutin tipa 6 bulan sekali di car detailing.
  5. Gunakan shampo mobil yang aman untuk lapisan dan cat mobil,